Kerja Sama Ekonomi RI-AS: Menteri Airlangga Hartarto dan Gina Raimondo Saling Berdiskusi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan komitmen Indonesia dalam memperkuat kerja sama ekonomi dengan Amerika Serikat dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Fullerton Hotel, Singapura, pada Rabu (5/6). Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian agenda kerja Menteri Airlangga di Singapura setelah sebelumnya berdiskusi dengan investor di sektor teknologi.

Selama pertemuan tersebut, Menteri Airlangga Hartarto membahas berbagai isu bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat, termasuk tindak lanjut terhadap Pilar II dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF). Dalam suasana yang penuh keakraban, Menteri Airlangga menyampaikan terima kasih atas dukungan Amerika Serikat terkait aksesi Indonesia menjadi anggota OECD.

Salah satu poin penting yang dibahas adalah potensi kerja sama di sektor energi baru dan terbarukan, termasuk investasi dalam bidang carbon capture and storage, solar panel, dan geothermal. Menteri Airlangga menegaskan bahwa Indonesia sangat terbuka terhadap perusahaan Amerika Serikat di bidang energi untuk beroperasi di Indonesia.

Indonesia juga menginginkan dukungan Amerika Serikat terkait investasi dalam industri semikonduktor dan kecerdasan buatan. Menteri Airlangga Hartarto mengusulkan agar perusahaan produsen semikonduktor membangun industri di Indonesia, serta berharap adanya dukungan terkait review ekosistem semikonduktor Indonesia oleh OECD.

Menteri Airlangga menegaskan bahwa Indonesia siap memenuhi standar internasional dalam bidang tenaga kerja dan lingkungan untuk mempercepat transisi energi. Terkait dengan Small Modular Reactor (SMR), Indonesia juga menyatakan keterbukaannya untuk implementasi investasi SMR.

Menko Airlangga juga menekankan pentingnya ratifikasi IPEF untuk mendorong pertumbuhan industri berteknologi tinggi di Indonesia, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat global.

Pertemuan tersebut ditutup dengan harapan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat akan terus meningkat, khususnya dalam menghadapi tantangan ekonomi global dan memperkuat perekonomian di kawasan Indo-Pasifik.

Demikian informasi seputar Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto yang bertemu dengan Amerika Serikat. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Freecaretips.Com.