BRI Beraksi: Lakukan Buyback Saham BBRI Pasca Koreksi Harga yang Signifikan

Harga saham BBRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau yang dikenal dengan kode BBRI, mengalami koreksi signifikan setelah publikasi Laporan Keuangan Kuartal I Tahun 2024. Menyikapi kondisi tersebut, BRI memutuskan untuk melakukan proses buyback saham.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 13 Maret 2023, BRI telah mendapatkan persetujuan untuk melaksanakan buyback saham BBRI maksimum sebesar Rp1,5 triliun. Proses ini dilakukan dalam kurun waktu 18 bulan sejak persetujuan.

Direktur Utama BRI, Sunarso menjelaskan bahwa keputusan buyback saham merupakan sinyal bahwa kondisi perusahaan jauh lebih baik dari persepsi pasar. Meskipun di tengah situasi ekonomi dan geopolitik global yang tidak menentu, BRI berhasil mencatat pertumbuhan laba yang positif sebesar Rp15,8 triliun secara konsolidasian hingga akhir triwulan I/2024.

BRI juga berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp1.308,65 triliun hingga akhir Maret 2024, tumbuh 10,89 persen year-on-year (yoy). Dari total penyaluran kredit tersebut, 83,25 persen diantaranya merupakan kredit untuk segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Penyaluran kredit ini berdampak positif terhadap peningkatan aset perseroan, yang mencapai Rp1.989,07 triliun atau tumbuh 9,11 persen yoy. Sunarso menegaskan bahwa pemberdayaan UMKM memiliki dampak signifikan terhadap daya tahan ekonomi nasional.

Dengan kinerja yang positif pada triwulan pertama tahun 2024, BRI optimis dapat terus tumbuh secara berkelanjutan. Perusahaan akan tetap mengedepankan prinsip-prinsip perbankan yang prudent, serta melakukan manajemen risiko yang baik, sesuai dengan perkembangan ekonomi dan geopolitik global. Hal tersebut juga sebagai investasi agar saham BBRI nantinya bisa melonjak naik?

Direktur Keuangan BRI, Viviana Dyah Ayu R.K menegaskan bahwa fokus manajemen adalah pertumbuhan perusahaan yang lebih baik dan sehat dalam jangka panjang. Upaya penyempurnaan dan perbaikan yang dilakukan saat ini diharapkan akan memberikan manfaat yang lebih tinggi bagi pemegang saham jangka panjang.

Demikian informasi seputar buyback saham BBRI. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Freecaretips.Com.